Lokasi investasi Tanah Wajib Memeunuhi Syarat Berikut Ini

Lokasi investasi Tanah

Lokasi investasi tanah merupakan salah satu faktor penentu berhasil tidaknya investasi tanah ini. Investasi tanah ini dapat dikatakan hampir sama dengan investasi properti. Tetapi dari kedua investasi ini memiliki perbedaan, jika investasi tanah ini baru berupa lahan atau tanah saja. Akan tetapi jika investasi properti sudah terdapat bangunan diatas tanah tersebut.

Contoh lokasi perumahan bebas banjir di bekasi bisa menjadi salah satu pancingan atau lokasi yang diminati untuk para investor. Karen hal ini memberikan keunggulan bagi investor dan keuntungan bagi calon buyer.

Maka dari itu, sebelum menjalankan investasi tanah atau properti ini, tidak ada salahnya mengenali jenis jenis tanah atau lokasi investasi tanah yang paling menguntungkan untuk investasi tanah atau properti. Berikut ini adalah jenis jenis tanah yang dapat dijadikan pertimbangan, yang mana tanah ini punya prospek baik untuk dijadikan investasi tanah.

Tanah Dengan Lokasi Strategis

Tanah ini pada umumnya terletak dekat dengan pusat kota, pusat pemerintahan, akses jalan raya sangat dekat, sudah ada bangunan infrastruktur dan tersedia fasilitas umum seperti sekolah dan pasar didaerah tersebut.

Untuk tanah dengan lokasi yang strategis ini biasanya harga tanahnya sendiri dipatok lebih mahal dibandingkan dengan tanah yang lokasinya belum ada prospek pembangunan. Sehingga, untuk membeli tanah ini dibutuhkan biaya besar atau modal yang tidak sedikit.

Tanah yang belum ada prospek pembangunan

Untuk jenis tanah ini, investor harus lebih jeli dalam membeli tanah ini. Karena untuk tanah ini, Anda harus berani berspekulasi atau memprediksi apakah wilayah tersebut pada suatu saat akan menjadi wilayah industri atau permukiman.

Jika prediksi atau spekulasi Anda tepat, secara otomatis harga tanah yang Anda beli ini harganya bisa merangkak dua kali lipat. Akan tetapi, jika prediksi Anda salah atau tidak ada pembangunan dan permukiman diwilayah tersebut, maka yang akan terjadi adalah harga tanah yang sudah dibeli ini mengalami peningkatan tetapi tidak sebesar dilokasi yang ada pembangunan dan permukiman.

Membeli tanah yang belum ada prospek pembangunan ini juga mempunyai keuntungan. Salah satu keuntungan membeli tanah ini adalah harga yang ditawarkan lebih miring atau lebih murah dibanding dengan tanah yang sudah ada prospek pembangunan.

Selain tanah dengan lokasi strategis dan tanah yang belum ada prospek pembangunan. Jenis tanah atau lokasi investasi yang perlu diperhitungkan adalah menentukan tanah yang ideal.

Tanah Yang Ideal

Tanah yang ideal ini bisa dilihat dari luasnya. Ada beberapa rumus dalam menentukan tanah yang ideal ini. Akan tetapi kebanyakan menggunakan patokan lebar tanah kurang lebih 40 sampai 70 %.

Tanah yang ideal biasanya berukuran 8 X 18 meter persegi dan 12X20 meter persegi. Tanah yang ideal ini sangat cocok didirikan bangunan semisal rumah. Sehingga tanah yang ideal ini banyak dicari orang dan banyak orang yang berminat membeli tanah ini.

Selain itu, untuk menentukan lokasi investasi tanah ini ada hal lain yang harus diperhatikan yaitu kemiringan tanah dan kepadatan tanah.

Tidak hanya kemiringan dan kepadatan tanah, lingkungan disekitar tanah yang akan Anda jadikan investasi ini juga sangat penting untuk diketahui. Maka dari itu, cari informasi sebanyak mungkin tentang kondisi lingkungan sekitar tanah tersebut baik kondisi keamanan dan kondisi penduduk disekitar tanah tersebut.

Selain informasi tentang kondisi disekitar tanah, Anda juga harus mencari informasi tentang legalitas tanah tersebut. Artinya tanah tersebut tersangkut dalam sengketa atau tidak.

Demikianlah ulasan singkat tentang lokasi investasi tanah yang paling menguntungkan. setelah mengetahui jenis jenis tanah yang cocok investasi, sudah saatnya Anda berburu lokasi tanah yang terbaik dan dengan harga yang terbaik. Selamat menjalankan investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *